Cari Blog Ini

Kamis, 20 Januari 2011

Materi Kelas 9 : Berbagai Aplikasi Internet

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan 
akan terus bertambah, wiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini   
kemudian digunakan dalam berbagai bidang,
seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini., yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), News group, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.

APLIKASI INTERNET
Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, wiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini., yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), News group, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.
Word Wide Web
World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi www dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumenn internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hyper text Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.
Electronic Mail (E-Mail)
E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat- menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirim sebuah surat biasa. Kita dapat bercerita, mengirimkan pesan, atau apa saja. Melalui e- mail, kita juga dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.
E-Mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat me- ngirimkan surat ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena komunikasi melalui internet dilakukan dengan sangat cepat, maka e-mail yang akan sampai dengan sangat cepat pula, yakni sesaat setelah dikirim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar