Cari Blog Ini

Sabtu, 22 Januari 2011

Materi Kelas 9 : ISP

Internet service provider

Jika ingin menghubungkan  komputer kita ke internet,kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP tertentu.Kemudian kita akan dikenakan biaya atas jasa laynan yang diberikan oleh ISP yang kita gunakan.
Di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara jasa internet indonesia(APJII).
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP.Kriteria-kriteria tersebut adalah :
1.Kecepatan transfer data
selain sebagai sumber informasi,internet merupakan sarana komunikasi data-data(teks,suara,dan gambar)
Suatu kecepatan transfer data dalah bye per second(bps).Pada umumnyaISP yang ada di indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8;33,6 atau 56 kbps.Sayangnya,kecepatan jaringan telepon yang ada di indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.
2.bandwith
Bandwith adalah saluran data yang dilewati secara bersama sama oleh data-data yang ditransfer.kita perlu tahu bandwith yang dimiliki oleh sebuah ISP.Dengan demikan,kita mengetahui kemampuan ISP tersebut untuk mentrasfer data.
3.Memiliki server proxy
server prxy berfungsi untuk menyimpan alamat- alamat favorit pelanggan.Dengan adanya server proxy,pelanggan dapat mengakses website -website favoritnya lebih cepat.Server proxy akan menghemat penggunaan bandwith karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.
4.Memiliki backbone
backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya , namun mengurangi kecepatan akses masing- masing ISP.
5.Keamanan data
transaksi internet rawan terhadap pembajakan.kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.
6.Layanan yang diberikan
Kita juga perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP.apakh ISP tersebut menyediakan icon e-mail?
7.Biaya merupakan suatu pertimbangan untuk memiih sebuah ISP.Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP.beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran yang menggunakan sistem paket.
8.hardware
kita juga perlu tahu berpa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan ,dan rasio pelanggan per modem.
9.teknologi yang diggunakan
kita juga perlu tahu teknologi apa saja yang diimiliiki oleh sebuah ISPuntuk meningkatkan kinerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar