Cari Blog Ini

Kamis, 20 Januari 2011

Materi Kelas 9 : Perangkat keras Jaringan

Router

Fungsi:

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.Router juga digunakan untuk mengatur aliran data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain.

Bridge

Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan
beberapa jaringan untuk mendapatkan jaringan yang efiesien.
atau sebagai penghubung jaringan yang berbeda.

 Repeater

Fungsi:
Membagi sinyal pada jaringan.


Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.




Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.

Hub/Switch
 



Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer.
atau Perangkat keras kompiuter yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan.Memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client.



LAN Card









LAN  Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasang di motherboard yang terdapat di jaringan baik server maupun client  yang memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi atau pertukaran data.
Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) sendiri yaitu sebagai media
transmisi yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu
dengan komputer lain.

Tepatnya, kabel UTP digunakan untuk membangun jaringan LAN yang besar dengan terminal berupa hub atau switch. Kabel ini terdiri dari kabel-kabel  kecil yang berbeda warna, yaitu orange, putih orange, hijau, putih hijau, biru, putih biru, coklat, dan putih 
coklat.
Kabel Coaxial
 
Keunggulan: Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik sehingga dapat digunakan dalam jangkauan yang lebih panjang mencapai 300 meter dalam satu jaringan.
Kelemahan: signal melewati dua arah dengan satu kabel kemungkinan terjadi tabrakan atau tercampurnya data.





Fiber optic
 

1. Kemampuan membawa lebih banyak informasi dan mengantarkan informasi dengan lebih akurat dibandingkan dengan kabel tembaga dan kabel coaxial.

2. tidak berpengaruh terhadap tegangan listrik, tidak seperti kabel tembaga yang bisa lossing data karena pengaruh tegangan listrik.
3. Sebagai dasarnya seratnya dibuat dari kaca, tidak dipengaruhi oleh korosi dan tidak berpengaruh pada zat kimia, sehingga tidak tidak akan rusak kecuali kimia pada konsentrasi tertentu.
4. Karena yang dikirim adalah signal cahaya, maka tidak ada kemungkinan ada percikan api bila serat atau kabel tersebut putus.


5. Kabel fiber optic tidak terpengaruh oleh cuaca.

Kelemahan:

1.Perlu konversi data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang tidak mudah.
2. Perlu peralatan khusus dalam prosedur pemakaian dan pemasangannya. Karena harus teliti pemasangannya.jika tidak transmisi cahaya tersebut berjalan tidak lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar